Wangsa Info: Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol setelah Mengkonsumsi Daging


Dalam momen Idul Adha, kita perlu mempersiapkan untuk mengurangi konsumsi daging perlu dilakukan. Saat banyak masakan olahan daging, tentu perlu menyiapkan aneka buah yang mampu menurunkan kolestrol saat kolestrol naik setelah mengonsumsi daging kambing maupun sapi. Ada beberapa buah yang mampu menurunkan atau mengatasi kolesterol setelah mengonsumsi daging. Beberapa buah ini bahkan bisa didapatkan dengan mudah dan tidak mahal.

Buah apa saja yang bermanfaat menurunkan dan mengatasi kolestererol?

1. Mentimun

Buah ini juga bersifat mendinginkan pencernaan selepas konsumsi daging yang bersifat panas terutama daging kambing.

2. Melon

Buah yang sebaiknya dikonsumsi setelah mengonsumsi daging adalah melon. Hampir sama dengan semangka, buah melon adalah pengendali kolesterol yang baik.

3. Jeruk Nipis

Peras jeruk nipis kemudian larutkan dalam air hangat dan minum setelah mengonsumsi daging. Tak hanya mengatasi kolesterol, jeruk nipis juga antioksidan yang baik buat tubuh.

4. Pisang

Buah pisang mengandung zat kalsium, magnesium dan potasium yang sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk menurunkan kolesterol akibat konsumsi daging.

5. Semangka

Semangka tidak hanya mengatasi kolesterol tetapi juga bisa menutrisi tubuh dengan baik. Buah ini memiliki kandungan air sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan sangat baik. Jangan lewatkan untuk konsumsi buah semangka untuk mengimbangi konsumsi daging.

6. Apel

Buah apel memang terkenal menyehatkan karena termasuk salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung zat beta-glucan berperan dalam mengontrol produksi kolesterol. Apel juga sebagai sumber serat yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Bisa memanfaatkan buah apel dengan cara di makan langsung, jus, maupun dibuat cuka. Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

7. Tomat

Tomat terkenal memiliki banyak kandungan likopen yang juga memiliki peran menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Memanfaatkan tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus, atau diolah dalam bentuk sup. Tomat juga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang dapat menenangkan lambung.

8. Alpukat

Ada anggapan bahwa alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehingga banyak yang menghindari karena takut gemuk atau menderita kolesterol tinggi. Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16 persen. Namun lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang juga menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Nikamtilah alpukat dengan cara yang sehat, contohnya sebagai jus, namun jangan memberinya terlalu banyak gula.

9. Jambu Biji / Jambu Merah

Dilansir honestdocs.id, jambu biji merah atau guava mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Adapun kandungan yang berperan sangat banyak dalam menurunkan kolesterol adalah Antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.

10. Anggur

Anggur mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus menaikkan kolesterol baik, HDL.

11. Delima / Pomegranate

Kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima, tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, tetapi dapat menghilangkan plak dalam aliran darah sebagai akibat tingginya kolesterol darah. Kandungan antioksidan dalam buah delima ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.

12. Mangga

Buah mangga juga merupakan salah satu sumber Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi penyebab utama terjadinya plak (penimbunan) kolesterol pembuluh darah. Di sisi lain, buah mangga juga merupakan salah satu sumber makanan kaya serat yang dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.

13. Zaitun

Buah zaitun kaya akan kandungan zat anti oksidan (hydroxytyrosol) yang memiliki manfaat dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun dan tidak mengurangi kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL).Buah ini juga akan berefek baik terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsumsi setidaknya campuran dua sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad.

14. Pir

Buah ini merupakan sumber serat larut air yang sangat baik.Meskipun apel biasanya memilik kandungan pektin yang tinggi, pir sebenarnya memiliki pektin lebih tinggi, karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Kandungan pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.

15. Berry

Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry terkenal kaya akan pterostilbene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang bila dibiarkan dapat menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

Itulah beberapa buah yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengimbangi konsumsi daging di momen Idul Adha

Semoga bermanfaat


Postingan populer dari blog ini

Bacaan Takhtim, Tahlil dan Do'a

Jual Bibit Tanaman Pekanbaru Riau

Wangsa Transport: Jasa Angkutan Barang Dalam dan Luar Kota Pekanbaru Riau Indonesia